Smart TV, Tech News

Xiaomi Produksi Massal Televisi Transparan Pertama di Dunia

Selama ini mungkin televisi massal hanya sebatas konsep dan belum pernah diproduksi massal. Namun, Xiaomi membuat gebrakan baru dengan meluncurkan televisi tranparan pertama di dunia yang diproduksi secara massal. Televisi fenomenal ini bernama Mi TV LUX Transparent Edition.

Ya, Mi TV LUX Transparent Edition adalah TV transparan pertama di dunia yang diproduksi secara massal. Layar self-luminous transparan edge-to-edge di TV tersebut menjadikan tayangan televisi seolah tertahan di udara. Sehingga bila sebelumnya Anda hanya bisa melihat TV transparan di film fiksi saja, sekarang sudah menjadi kenyataan.

Mi TV LUX Transparent Edition dibanderol dengan harga RMB 49.999 atau sekitar Rp 109 jutaan. Penjualan resmi televisi tranparan dari Xiaomi ini sudah dilakukan pada tanggal 16 Agustus 2020 kemarin.

TV Transparan Pertama yang Diproduksi secara Massal di Dunia

Mi TV LUX Transparent Edition menawarkan kombinasi sempurna antara teknologi tampilan mutakhir dan desain industri yang indah. Teknologi ini merupakan kemajuan besar dari bentuk TV masa depan.

Menariknya lagi, saat Mi TV LUX Transparent Edition dimatikan, tampilannya hanya seperti layar kaca. Gambar-gambar yang ditampilkannya seolah melayang di udara, menggabungkan dunia maya dan nyata untuk menghadirkan pengalaman visual yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Tidak seperti TV tradisional yang hadir dengan panel belakang, Mi TV LUX Transparent Edition secara kreatif menyematkan semua unit pemrosesan di dudukan dasarnya, mempertahankan bentuk layar yang ringkas dan sementara itu menghadirkan tantangan teknis yang tak terhitung jumlahnya.

Setelah mengatasi semua kesulitan itu, Xiaomi telah menjadi produsen massal TV OLED transparan pertama di dunia, serta produsen OLED Basic Module (OBM) nomor satu di China. Itu berarti Xiaomi saat ini satu-satunya merek TV di China yang mampu menangani proses produksi massal produk serumit Mi TV LUX Transparent Edition secara individual.

Spesifikasi Mi TV LUX Transparent Edition

Terlepas dari desainnya yang futuristik, Mi TV LUX Transparent Edition juga dilengkapi dengan perangkat keras andalan yang mencapai peningkatan inovatif dalam kualitas suara dan gambar.

Televisi ini memiliki panel OLED transparan 55 inci dan rasio kontras statis 150000: 1 serta rasio kontras dinamis tak terbatas. Selain itu,Mi TV LUX juga menawarkan warna hitam ekstra dan kecerahan tak tertandingi.

Dengan dukungan spektrum warna DCI-P3 93 persen, Mi TV LUX Transparent Edition mampu mengembalikan warna menakjubkan yang menghidupkan gambar. Panel 10-bitnya menampilkan 1,07 miliar kombinasi warna, spektrum warna yang sangat luas, jauh melampaui apa yang dapat dilihat oleh mata manusia.

Selain itu, TV ini dilengkapi dengan kecepatan refresh 120Hz dan teknologi MEMC 120Hz. Dengan adanya teknologi tersebut, televisi ini dapat memberikan representasi gerakan yang lebih halus dan lebih jelas kepada konsumen. Tingkat respons Mi TV LUX memiliki kecepatan 1ms yang membuat game benar-benar hidup dengan kontrol halus dan latensi rendah.

Mirip dengan pendahulunya, Mi TV LUX Transparent Edition juga dilengkapi dengan AI Master Smart Engine, lengkap dengan chip TV custom-made MediaTek 9650. Televisi ini didukung pula dengan lebih dari 20 algoritme pengoptimalan dan pengoptimalan khusus untuk 5 skenario penggunaan utama.

Mi TV LUX Transparent Edition juga mendukung AI Master for Audio yang memungkinkan perangkat mendeteksi jenis konten yang diputar dan memilih mode audio sesuai dengan tayangan film, musik, berita, olahraga, dan lainnya. Selain itu, perangkat ini juga mendapatkan peningkatan kinerja audio dengan dukungan Dolby Atmos®️.

Tahukah Anda, Mi TV telah menempati peringkat teratas untuk pengiriman selama enam kuartal berturut-turut dari Q1 2019 hingga Q2 2020. Dalam tujuh tahun terakhir, bisnis Mi TV telah berkembang dari pendatang baru di industri menjadi merek TV China pertama dengan pengiriman tahunan melebihi 10 juta unit, seperti yang disadur dari blog mi.com.

Kesimpulan

Demikian televisi transparan pertama di dunia yang diproduksi secara massal oleh Xiaomi. Televisi ini sangat menggabungkan karya seni dan teknologi terbaru. Sehingga menjadikan Mi TV LUX Transparent Edition televisi masa depan.

Bicara tentang harga televisi tranparan Xiaomi yang di atas Rp 100 jutaan, sudah sangat wajar. Soalnya, ini bukan murni televisi saja, melainkan sebuah karya seni yang indah. Wajar saja, harga televisi ini bisa mencapai Rp 109 jutaan.

Leave a Reply