Smartphone, Tips

15 Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi Terbaru

Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi

Walau sebagian baterai HP Xiaomi berkapasitas besar, tapi Anda tetap harus mengetahui cara menghemat baterai HP Xiaomi. Pasalnya, bila asal menggunakan HP, maka yang terjadi justru baterainya tidak awet dan akhirnya mudah rusak.

Penggunaan HP Xiaomi memang perlu dikontrol, terutama untuk harian. Apalagi jika Anda suka main game, media sosial, streaming video dan musik, serta edit video.

Tentu penggunaan aplikasi berat akan membuat smartphone terbebani. Sehingga baterai HP Xiaomi cepat habis dan boros.

Lantas, bagaimana cara menghemat baterai HP Xiaomi biar tidak gampang boros? Pertanyaan seperti ini akan kami jawab secara singkat dan jelas.

Baca juga: Daftar HP Xiaomi Tak Dapat Update MIUI 13

Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi

1. Semua Konektivitas Dimatikan

Matikan segala konektivitas yang tidak perlu di HP Xiaomi, seperti NFC, GPS, Bluetooth, Mi Share, Hot Spot WiFi, dan lain-lain.

2. Auto Brightness

HP Xiaomi sudah memiliki fitur auto brightness untuk mengatur kecerahan layar secara otomatis baik di siang hari atau malam hari, tempat gelap maupun terang.

Fitur ini tidak perlu dipakai dan atur kecerahan layar 20 persen saja, yang penting terlihat.

3. Battery Saver

Fitur Battery Saver sebisa mungkin diaktifkan walau nanti akan membatasi notifikasi beberapa aplikasi. Hal tersebut tidak masalah kalau Anda tidak terlalu tergantung pada notifikasi tersebut.

4. Refresh Rate Rendah

HP Xiaomi ada yang mempunyai Refresh Rate 120 Hz. Namun, untuk menghemat baterai, tetap pakai yang 60 Hz saja. Jika ingin performa maksimal atur Refresh Rate tinggi.

5. Fix Battery Usage Issue

Fitur Fix Battery Usage Issue bisa membantu bila ada masalah di baterai HP Xiaomi.

Fitur tersebut juga akan memperbaiki penggunaan baterai pada aplikasi yang berjalan di latar belakang dan membersihkan cache di aplikasi tertentu.

Baca juga: Bos Xiaomi Pakai 4 HP Sekaligus

6. Power Saving

Nah, fitur Power Saving lebih ektrem dari Battery Saver. Namun, di fitur Power Saving hanya sedikit aplikasi yang bisa berjalan.

Selain itu, beberapa konektivitas juga dibatasi. Memang tujuan fitur ini untuk menghemat baterai HP Xiaomi di saat sekarat.

7. Mode Getar dan Suara

Jika tidak dipakai, sebaiknya matikan mode getar dan suara. Gunakan fitur tersebut seperlunya, misal untuk notifikasi ringan dan standar saja.

8. File Sampah

File sampah yang tidak terpakai sebaiknya dihapus saja karena berpotensi membuat baterai HP Xiaomi boros. Kalau memori internal tersisa sedikit, biasanya kinerja HP akan semakin berat.

9. Screen Saver Dinonaktifkan

Fitur seperti screen saver tidak perlu diaktifkan. Fitur ini terlihat bagus di layar tapi boros sekali di baterai.

10. Notifikasi Dibatasi

Notifikasi dari media sosial yang kurang penting bisa dibatasi. Aktifkan notifikasi dari aplikasi chatting yang penting saja.

11. GPS Dimatikan

Jika tidak sedang memakai Google Maps atau aplikasi GOJEK dan Grab, sebaiknya matikan saja fitur GPS.

Nanti bila dibutuhkan baru dinyalakan lagi. Soalnya fitur tersebut sangat menguras baterai.

12. Penggunaan Data 3G

Untuk data bisa diatur ke 3G saat Anda berada di lokasi terpencil. Soalnya, HP akan terus berusaha mencari sinyal 4G terbaik sehingga memberatkan fungsi baterai.

13. Charger Original

Untuk memperjuangkan cara menghemat baterai HP Xiaomi, Anda bisa memakai charger original. Gunakan charger sesuai merek HP Xiaomi biar baterai awet.

14. Pengisian Daya Baterai

Baterai HP Xiaomi diisi sekitar 40 persen dan dicabut charger saat 90 persen. Ini untuk menjaga agar baterai HP sehat.

Kalau sedang diisi baterai, jangan menggunakan HP dulu. Terus pas tidur, charger HP Xiaomi dicabut saja.

15. Dark Mode

Fitur Dark Mode sudah ada di sebagian HP Xiaomi. Pakai fitur tersebut untuk menghemat baterai Xiaomi. Apalagi jika HP Xiaomi Anda memakai layar AMOLED, pasti lebih hemat lagi baterainya.

Kesimpulan

Demikian cara menghemat baterai HP Xiaomi terbaru. Semakin lama, kapasitas baterai HP Xiaomi semakin besar.

Pengisian daya baterai juga cepat sekali. Walau begitu, tetap sayangi HP Xiaomi dengan cara menghemat penggunaan baterainya.

Oh iya, fitur fast charging pada HP Xiaomi terkadang juga tidak baik bila digunakan terlalu sering. Jadi, gunakan dulu baterai sampai 30-40 persen.

Setelah itu isi daya baterai sampai 95 persen maksimal. Dengan begitu, baterai HP Xiaomi Anda akan lebih awet.

Baca berita teknologi lainnya di Teknolagi.net.

Back to list

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.