Tech News

Fitur Terbaru WhatsApp Bisa Menghemat Memori Ponsel

Fitur Terbaru WhatsApp

Belum lama ini, WhatsApp meluncurkan fungsi manajemen penyimpanan atau pengelola penyimpanan file untuk menghemat memori ponsel dalam skala global. Fitur ini akhirnya hadir dan bisa dicoba di Indonesia.

Pengguna WhatsApp di Indonesia mulai mendapatkan fitur manajemen penyimpanan melalui update pada tanggal 12 November 2020.

Sebelumnya, fitur ini hanya tersedia untuk pengguna Beta. Melalui manajemen penyimpanan, pengguna dapat lebih mudah mengidentifikasi, melihat dan menghapus konten dan file yang tidak lagi diperlukan, dan menghapus konten dan file tersebut untuk menghemat memori ponsel.

Pasalnya, semua media (termasuk foto, video, dokumen, dll.) yang diterima melalui WhatsApp akan tersimpan di ponsel pengguna.

Sebelumnya, pengguna harus repot mengurutkan dan menghapus file yang tersimpan di WhatsApp. Menggunakan fungsi manajemen penyimpanan, menghapus dan mengelola file serta media lain menjadi lebih praktis.

Fitur ini tersedia di WhatsApp versi Android dan iOS. Jika Anda belum menerimanya, Anda dapat memperbaruinya di toko aplikasi masing-masing platform.

Fungsi ini dapat diakses dengan mengklik tombol titik vertikal di pojok kanan atas untuk membuka menu pengaturan. Kemudian, pilih Penyimpanan dan Data (Storage and Data) > Manage Storage (Kelola Penyimpanan).

Nantinya semua file media yang tersimpan di WhatsApp akan ditampilkan dengan keterangan ukuran file.

Foto, file, dan ruang obrolan chat akan diurutkan berdasarkan ukuran file terbesar, sehingga mempermudah penyortiran. Pengguna juga dapat melihat dokumen atau file yang dipilih dan kemudian menghapusnya secara permanen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *