Smartphone, Tech News

Xiaomi Kembangkan Smartphone dengan Kamera Teleskop

Smartphone Xiaomi dengan Kamera Teleskop

Produsen gadget telah bekerja keras untuk meningkatkan fungsionalitas kamera smartphone. Upaya terbaru adalah mengembangkan kamera dengan lensa “teleskop” oleh Xiaomi.

Seperti namanya, konsep kamera yang baru-baru ini didemonstrasikan Xiaomi di China memiliki rangkaian lensa penampang yang bisa diperpanjang sehingga menonjol dari luar bodi ponsel.

Kamera tersebut juga dapat melakukan zoom optik, seperti halnya kamera saku digital, ia juga memiliki lensa dengan mekanisme zoom serupa.

Ini berbeda dengan kamera telefoto model periskop yang banyak digunakan pada ponsel Android andalan saat ini. Pada kamera periskop, perangkat lensa ditempatkan menyamping, sehingga tidak menonjol keluar dari bodi ponsel.

Namun kamera periskop tidak bisa melakukan zoom optikal, dan bukaan lensa (aperture) relatif kecil, sehingga efek pengambilan gambar dalam kondisi minim cahaya tidak sebaik kamera utama dengan aperture besar.

Nah, lensa teleskop Xiaomi konon bisa mengatasi masalah tersebut dengan memberikan bukaan lensa yang lebih lebar.

Dikatakan bahwa lensa teleskop Xiaomi dapat “meningkatkan jumlah cahaya masuk hingga 300%”, sehingga meningkatkan kualitas gambar dalam kondisi kurang cahaya.

Namun, menurut Android Authority (8/11/2020), Xiaomi belum membeberkan angka pasti atau kisaran zoom optik dari lensa teleskop tersebut.

Sebaliknya, lensa periskop pada ponsel masa kini biasanya memiliki aperture di kisaran f / 3.0, yang jauh lebih kecil daripada kamera utama, yang biasanya sekitar f / 1.8 atau lebih lebar.

Lensa telefoto pada ponsel juga sudah fixed, yang berarti tidak dapat melakukan zoom optik. Zoom yang dilakukan bersifat digital, sehingga akan selalu menurunkan kualitas gambar.

Konsep lensa zoom telefoto yang dibenamkan di bodi ponsel sebenarnya bukan hal baru. Samsung sempat mengimplementasikan fungsi ini di ponsel Galaxy K Zoom 2014.

K Zoom dilengkapi lensa dengan 10x optical zoom, dan bodi lebih tebal karena harus dimuat dengan seri lensa ini.

Untuk kamera teleskop Xiaomi, menurut video yang diunggah pabrikan ke Weibo, lensanya mungkin lebih ringkas dan tidak terlalu jauh dari bodi ponsel. Namun, tidak jelas kapan Xiaomi akan mulai memasang kamera teleskop di ponselnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *