Smartphone, Tech News

Fungsi Sensor LiDar di Kamera iPhone 12 Menakjubkan

Fungsi Kamera Sensor Lidar di iPhone 12

Apple membawa banyak fitur baru ke iPhone 12 yang baru-baru ini dirilis. Salah satunya adalah sensor LiDar pada iPhone 12 Pro dan Pro Max.

Dalam modul kamera iPhone 12 Pro dan Pro Max, Anda dapat melihat sensor LiDAR dan flash di bawah susunan kamera. Sensornya berwarna hitam dan ukurannya sama dengan flash light.

Apple mengambil sensor LiDAR sebagai salah satu fitur luar biasa dari iPhone 12 Pro dan Pro Max. Tapi apa sebenarnya yang dilakukan sensor ini?

Singkatan Sensor LiDAR

LiDAR adalah singkatan dari light detection and range. Fungsi ini awalnya digunakan oleh mobil self-driving untuk memetakan area sekitar dengan mengukur jarak pantulan cahaya benda.

Apple sebelumnya pernah menggunakan sensor ini di iPad Pro yang diluncurkan pada Maret 2020. Namun tujuan utama fitur ini di iPad Pro adalah untuk memberikan pengalaman augmented reality (AR) yang lebih baik.

Fungsi LiDAR di Kamera iPhone 12

Apple mengklaim bahwa sensor LiDAR yang digunakan di iPhone 12 Pro dan Pro Max dapat membantu dalam tiga hal, yaitu efek foto dan video, penempatan objek AR yang tepat, serta pemindaian objek dan ruangan.

Dua fungsi terakhir hanya dapat digunakan oleh developer dan perusahaan, seperti struktur yang memerlukan pemetaan ruangan. Bagi konsumen awam, efek foto dan video tentunya merupakan fitur yang paling menarik.

LiDAR dapat bekerja dalam kegelapan dengan mengaktifkan laser untuk menentukan jarak. Itulah mengapa Apple menggunakannya untuk meningkatkan fokus otomatis pada iPhone 12 Pro dan Pro Max.

Apple mengatakan sensor LiDAR meningkatkan kecepatan fokus otomatis pada iPhone 12 Pro dan Pro Max hingga enam kali lebih cepat daripada fokus otomatis pada kamera normal. Selain itu, sensor LiDAR juga memungkinkan iPhone mengambil gambar dalam mode portrait dalam kondisi minim cahaya.

Teknologi LiDAR ini nyatanya mirip dengan sensor Time of Flight (ToF) yang banyak digunakan di ponsel-ponsel flagship Samsung dan Huawei. Tapi keduanya bekerja secara berbeda.

Sensor LiDAR pada ponsel akan mendorong pengembang untuk mengembangkan lebih banyak aplikasi AR. Snapchat telah mengonfirmasi bahwa mereka akan menyediakan filter berbasis LiDAR di aplikasi mereka.

Harga iPhone 12

Harga iPhone 12 Pro mulai dari US $ 999 (Rp 14,8 juta), dan iPhone 12 Pro Max mulai dari US $ 1.099 (Rp 16,3 juta).

Mungkin sulit mengeluarkan uang sebanyak itu untuk mencoba teknologi LiDAR. Namun, jika Anda seorang fotografer atau penggemar fotografi dan terobsesi dengan foto low light, Anda dapat memilih untuk menggunakan kedua ponsel tersebut.

Back to list

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.